Menikmati Wisata Bahari Di Bandar Lampung

Bandar Lampung merupakan ibukota dari Provinsi Lampung yang berada sekitar 165 km dari barat laut kota Jakarta. Saat ini Bandar Lampung menjadi kota terpadat ketiga di Pulau Sumatera setelah Kota Medan dan Kota Palembang. Kota ini memiliki kelebihan karena menjadi jalur transportasi utama dari pulau Sumatera ke pulau Jawa maupun sebaliknya. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi kota Bandar Lampung, terutama dalam meningkatkan kunjungan wisatanya.

Jika Anda mengunjungi kota ini, Anda akan menemukan banyak objek wisata menarik. Mulai dari wisata bahari, wisata sejarah, maupun wisata keluarga. Guna memberi kenyamanan pada wisatawan, tersedia banyak penginapan dan hotel mulai dari harga yang bersahabat sampai yang mahal. Anda pun dapat memesan hotel Anda dengan mengunjungi website OTA. Semua dapat Anda pilih sesuai dengan budget yang Anda siapkan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Surabaya

Jika bertolak dari Jakarta, kota Bandar Lampung bisa Anda tempuh selama 9 jam menggunakan motor ataupun mobil. Berbeda halnya jika Anda menggunakan kapal laut, Anda akan dapat menempuh waktu sekitar 7 jam saja. Namun jika Anda ingin memangkas waktu tempuh lebih banyak, Anda bisa berangkat menggunakan pesawat. Cukup dengan waktu tempuh selama 1 jam saja, Anda sudah tiba di Bandara Radin Inten II jika Anda berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Bandar Lampung memiliki kebudayaan yang sangat beragam. Meskipun berada di pulau Sumatera, tapi mayoritas penduduknya berasal dari suku Jawa. Etnis lainnya yang cukup mendominasi adalah Sunda, Lampung dan Bali. Selain itu, Bandar Lampung juga didiami oleh etnis lainnya seperti Minang, Bugis, Palembang, Batak dan Tionghoa. Keberagaman etnis ini pula yang membuat bahasa yang digunakan menjadi beragam. Sebagian besar penduduknya menggunakan bahasa Indonesia dan Jawa.

Kawasan kota Bandar Lampung mempunyai topografi yang sangat beragam. Inilah yang menjadi kelebihan dan daya tarik bagi kota ini, karena memiliki kekayaan wisata yang sangat beragam. Anda dapat menemukan daerah mulai dari dataran pantai, perbukitan, hingga wilayah pegungungan di kota ini. Wilayah pantainya sendiri, terdapat di wilayah Teluk Betung dan Teluk Panjang, serta pulau lainnya di bagian selatan Bandar Lampung.

Wisata Bahari Bandar Lampung

Saat ini, Bandar Lampung pun dikenal sebagai kota yang memiliki destinasi wisata yang menarik. Apalagi karena kota ini memiliki keindahan bahari yang sayang jika Anda lewatkan. Berikut adalah destinasi wisata bahari yang harus Anda kunjungi jika berkunjung ke Kota Bandar Lampung :

1. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang

Objek wisata Pulau Pahawang adalah salah satu taman laut yang sangat indah dan masih terjaga keasriannya. Pulau ini sangat terkenal di kalangan para wisatawan, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Objek wisata ini terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Pahawang Besar, dan memiliki area seluas 1.084 hektar.

Baca Juga:Tempat Wisata Di Bangli

Pulau Pahawang ini dapat Anda kunjungi dari dengan waktu selama 1,5 jam dari kota Bandar Lampung menuju dermaga Ketapang. Selanjutnya Anda dapat melanjutkan perjalanan dari dermaga menuju Pulau Pahawang besar dengan menggunakan perahu. Sesampainya di pulau Pahawang, Anda dapat menikmati udara segar dan keindahan taman laut di pulau ini. Tak perlu khawatir jika Anda kemalaman sampai di pulau ini, sebab tersedia banyak penginapan dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih berlokasi 20 km dari Kota Bandar Lampung. Pulau ini menyajikan keindahan pantai pasir putih yang layak Anda kunjungi. Anda akan merasakan pesona seperti di pantai Kuta Bali, ataupun pantai pasir putih di pulau Belitung. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena berada tak jauh dari Kota Bandar Lampung.

Sesampainya di kawasan Pantai Pasir Putih, Anda dapat menemukan berbagai macam fasilitas yang memberi kenyamanan bagi para wisatawan. Fasilitas tersebut diantaranya adalah toilet, kapal motor, shelter dan ruang bilas. Anda dapat pula bersantai sejenak di tepi pantai, berenang ataupun berkunjung ke Pulau Condong. Semua dapat Anda nikmati cukup dengan membayar tiket dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Teluk Kiluan

Jika di Bali ada Pantai Lovina, maka di Bandar Lampung ada objek wisata Teluk Kiluan memiliki keindahan alam yang hampir sama. Objek wisata Teluk Kiluan ini populer dengan dengan kumpulan lumba-lumba yang berenang lucu di sekitar pantai. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dibandingkan melihat lumba-lumba yang ada di dalam kolam. Anda dapat menyaksikan pertunjukan alami lumba-lumba ini pada bulan April sampai September.

Kemunculan lumba-lumba lucu tersebut sangat dipengaruhi oleh cuaca. Biasanya lumba-lumba akan muncul pada musim kemarau. Andaput dapat bertanya ke petugas setempat, kapan biasanya lumba-lumba lucu ini muncul. Tapi tenang, kalaupun Anda tak dapat menyaksikan lumba-lumba di Teluk Kiluan ini, Anda tetap dapat menikmati alam dan keindahan pantai yang sangat mempesona.

4. Laguna Dodo

Objek wisata Laguna Dodo berada tak jauh dari Teluk Kiluan. Anda cukup menjangkaunya dengan jarak 3 km saja dari Teluk Kiluan. Hanya saja, medan yang ditempuh cukup berat dan sulit. Anda akan menemukan objek wisata berupa kolam laut alami disini. Keindahan Laguna Dodo ini sangat disukai oleh pengunjung, baik dari wisatawan yang berasal dari Lampung maupun dari luar Lampung. Anda disarankan membawa bekal makanan jika berkunjung ke Laguna Dodo, karena tak ada warung yang memadai disana.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINYA:

Paket Bulan Madu Bogor

Paket wisata Labuan Bajo

Paket Wisata Jogja

Destinasi Wisata Jogja

Wisata Alam Jogja